Resume tentang Perkembangan Penduduk Dunia dan Transisi Demografi




          Sebenarnya dari dahulu sampai sekarang tidak ada data perkembangan penduduk dunia yang dapat dipercaya, terutama gambaran penduduk di zaman awal. Perkembangan penduduk dunia sangat erat kaitannya terhadap peradaban manusia. Ada tiga peradaban kehidupan manusia, yaitu pertama ketika manusia mulai menggunakan alat-alat untuk menanggulangi kehidupannya atau zaman batu. Kedua, ketika manusia mulai memanfaatkan pertanian dan menetap. Ketiga, ketika mulainya era industrialisasi, sekitar pertengahan abad 17 M.
          Jaman dahulu jumlah penduduk dunia masih ratusan ribu. Perkembangan penduduk pada zaman dahulu sangat kecil, bahkan hampir tidak ada perkembangan penduduk. Ini terjadi karena angka kematian sangat besar. Kehidupan manusia terus berkembang dan makmur. Kondisi ini kembali memburuk pada saat terjadi perang dunia 1 dan perang dunia 2. Banyak terjadi pembunuhan manusia, banyak kematian karena kelaparan dan sebagainya.
          Setelah perang dunia, dan kehidupan manusia kembali normal, warga eropa khususnya Prancis, menjadi sadar akan pentingnya mengatur jumlah penduduk. Mereka memberlakukan berbagai program yang bertujuan membatasi jumlah penduduk. Sekarang ini pun pengaturan pembatasan jumlah penduduk sudah diberlakukan hampir diseluruh dunia. Contoh di Indonesia adalah adanya program KB.

Komentar

Postingan Populer